Cara Cek Saldo E Toll Lewat Android 2018

Gratisaninternet.com – Penggunaan kartu e toll adalah salah satu inovasi atau perkembangan yang sangat mengagumkan dalam bertransaksi. Kartu yang dipelopori oleh Bank Mandiri ini diperuntukkan sebagai alat pembayaran di jalan tol. Selain cara penggunaan kartunya yang tidak rumit, cara cek saldo e toll kini dapat dilakukan juga dengan mudah melalui hp android. Jadi, bagi Anda pengguna kartu ini diberikan fasilitas agar tidak lagi repot untuk mengecek jumlah saldo yang dimiliki. Kecanggihan teknologi yang luar biasa ini menjadikan banyak hal menjadi fleksibel. Seperti halnya dengan gaya transaksi masa kini tersebut dimana dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai.

Cara Cek Saldo e toll dengan Fitur NFC

Kartu e toll yang tadinya hanya digunakan untuk transaksi di beberapa jalan tol di Indonesia, kini menjadi kartu multifungsi. Selain pembayaran di jalan tol, kartu ini juga bisa digunakan untuk berbelanja. Misalnya saja di Indomaret, SPBU, atau di beberapa mechant F&B dan lainnya. Kartu ini juga bisa diisi ulang layaknya kartu ATM. Adapun saldo minimal yang harus dimiliki, yaitu 10 ribu rupiah. Sedangkan maksimalnya adalah 1 juta rupiah.

Cara Cek Saldo E Toll Lewat Android 2018

Cara Cek Saldo E Toll Lewat Android 2018

Penggunaan kartu e toll sangat memungkinkan proses transaksi berjalan dengan lebih cepat dibandingkan dengan proses pembayaran tunai. Kartu ini bisa dibeli di semua cabang Bank Mandiri wilayah Jabodetabek dan outlet Indomaret. Kartu ini dibuat dengan teknologi yang sangat maju sehingga pembayaran bisa dilakukan minimal tiga detik lebih cepet dibandingkan pembayaran tunai. Cara cek saldo e toll bisa diakses dengan beberapa pilihan cara, yaitu:

1. Melalui Hp Android

Melalui Hp Android

Melalui Hp Android

Cara cek saldo e toll yang pertama ini bisa Anda lakukan pada hp android yang memiliki fitur NFC (near field communication). Bisa juga digunakan bagi pengguna khusus blackberry. Download aplikasi e-money pada google play, playstore, atau blackberry world dengan gratis. Kemudian install dan hp Anda mulai bisa digunakan untuk mengecek saldo e toll. Tempelkan kartu e toll di belakang hp android NFC dan tampilan pada layar akan menunjukkan jumlah saldo yang Anda miliki.

Baca :  Cara Menggunakan Openvpn di Hp Android 2018

2. Melalui ATM

Melalui ATM

Melalui ATM

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan cek saldo via ATM adalah dengan memastikan bahwa mesin tersebut memiliki logo e-money. Hal ini menunjukkan bahwa ATM itu bisa beroperasi untuk kartu e toll Anda. Cara cek saldo kartu e toll melalui ATM memang cukup lama dibandingkan dengan melalui hp android.

Adapun caranya, yaitu tekan tombol yang memiliki warna hijau pada ATM, lalu pilih menu e-money. Selanjutnya, tempelkan kartu e toll Anda pada bagian ATM yang terdapat logo e money yang berwarna kuning. Lalu pilihlah menu informasi saldo. Setelah beberapa detik akan muncul tulisan saldo kartu Mandiri prabayar Anda yang dibawahnya tercantum jumlah saldo.

3. Melalui internet banking

Melalui internet banking

Melalui internet banking

Cara cek saldo e toll berikutnya adalah via internet banking. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan browser hp ataupun komputer/laptop. Adapun langkahnya, yaitu dengan membuka alamat ib.bankmandiri.co.id. Lalu masukkan userID dan password.

Setelah itu, pilih menu uang elektronik, lalu Mandiri e-money, kemudian informasi saldo. Selanjutnya, masukkan 16 digit nomor kartu e toll lalu pilih kirim. Dalam beberapa detik, akan muncul informasi saldo yang lengkap dengan data transaksi kartu e toll.

Itulah beberapa cara cek saldo e toll yang mudah. Tapi, yang paling mudah diantara ketiganya tentu adalah yang menggunakan aplikasi e-money pada hp andorid. Hanya saja tidak semua hp sudah memiliki fitur NFC sehingga via ATM atau internet banking bisa menjadi pilihan berikutnya.

Kartu ini tidak memiliki masa berlaku, namun jika dalam 12 bulan tidak ada transaksi, maka akan dikenakan biaya administrasi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan cek atau pengisian saldo minimal 1 kali dalam satu tahun. Hal tersebut dilakukan jika kartu tidak digunakan untuk pembayaran tol atau lainnya. Silahkan pilih cara cek saldo e toll yang sesuai dengan kondisi Anda masing-masing. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dalam penggunaan e toll.

Baca :  Internet Tanpa Kuota Lewat Hp Android Work 100%